Perkembangan Industri Petrokimia Nasional

Industri petrokimia merupakan industri yang  bahan bakunya bersumber dari minyak bumi dan gas alam. Dalam prosesnya, minyak bumi dan gas alam yang diolah dalam industri petrokimia akan menghasilkan 3 (tiga) kelompok produk, yaitu: produk hulu, produk antara, dan produk hilir/produk jadi.


1. Produk hulu Industri Petrokimia

Produk hulu adalah produk pertama/awal hasil dari pengolahan minyak bumi. 
Produk ini adalah produk yang akan diolah lebih lanjut menjadi produk antara atau produk hilir. Yang termasuk ke dalam produk hulu  adalah olefin (etilena, propilena, dan butena), aromatik (benzena, toluena, dan xilena), gas sintetik (CO dan H2), dan n-parafin.


2. Produk antara

Produk antara adalah hasil dari pengolahan produk dasar yang dapat diolah     lebih lanjut menghasilkan produk akhir/produk jadi. 

Contoh produk-produk antara adalah etilbenzena-stirena, dikloroetilen-vinil klorida, isopropilalkohol, sikloheksana-kaprolaktam, ammonia, butena, etanol-asetaldehid, alkil benzena, akrilonitril, polietilena, isopropilalkohol


3. Produk hilir

Produk hilir adalah produk akhir dari hasil pengolahan produk antara. Produk hilir merupakan produk jadi yang dapat langsung dipakai untuk memenuhi keperluan rumah tangga, kesehatan, pertanian, otomotif, pakaian, militer. Contoh produk-produk hilir adalah SAN (Stirena-akrilonitril), LAB sulfonat, nilon 6, polistirena, PET (polietilena tereptalat), aseton


Comments

Popular posts from this blog

Landasan Hukum Sentra IKM

Perkembangan Industri Alat Transportasi