Ekspor Udang

Untuk ekspor, udang umumnya diproduksi melalui budidaya air atau akuakultur. Selain itu, juga dikenal sebutan udang perairan dingin udang perairan hangat yang merujuk pada daerah tangkapan udang laut (perairan daerah sub tropis dan mendekati kutub sebagai perairan dingin dan daerah tropis sebagai perairan hangat).



Udang adalah produk yang diperoleh dari spesies familia berikut:
  • Penaeidae 
  • Pandalidae 
  • Crangonidae 
  • Palaemonidae. 
Karena istilah shrimp dan prawn digunakan secara luas di industri untuk satu spesies yang sama, hal ini dapat menimbulkan kerancuan. Istilah prawn dan shrimp sering digunakan dalam perdagangan ikan untuk membedakan udang yang besar (udang galah) dan kecil (udang). Warna yang kadang digunakan sebagai panduan penamaan juga membingungkan. Udang merah disebut udang galah dan udang coklat disebut udang.

Diantara produk perikanan Indonesia, kontribusi udang dalam pendapatan devisa negara adalah yang terbesar. Adapun total ekspor udang Indonesia pada tahun 2011 diperkirakan mencapai 150,000 MT dengan nilai total USD 1.2 miliar.Negara Tujuan Expor : Thailand, Jepang, Saudi Arabia, Filipina, Malaysia, Singapura, Uni Emirat Arab, Rep.Afrika Selatan, Brasilia, Vietnam, RRT, Meksiko, Oman, Kamerun, Taiwan, Inggris, Myanmar, Jerman, India, Kuwait.

sumber: kemendag

Comments

Popular posts from this blog

Landasan Hukum Sentra IKM

Perkembangan Industri Alat Transportasi